EVRYTHING IS NOTHING

I'm a crazy person | viva la holga |

fakultas manajemen di UNPAD

Manajemen

Jurusan Manajemen merupakan salah satu Sekolah Manajemen terbaik di Indonesia saat ini, dan memperoleh akreditasi kualitas ”A” dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Departemen Pendidikan Nasional, melalui sertifikat akreditasi bernomor 07584/Ak-IX-S1-017/UPAMXX/X/2005. Saat ini, Jurusan Manajemen didukung oleh dosen berkualifikasi Doktor  sejumlah 31.25%, dan Guru Besar sejumlah 17% dari total 48 staf pengajar pada tahun 2008.

Jurusan Manajemen saat ini membuka 5 konsentrasi sub disiplin ilmu Manajemen, yaitu konsentrasi Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen SDM, Manajemen Operasi, dan Manajemen Bisnis & Kewirausahaan. Beberapa mata kuliah unggulan pada tiap konsentrasi diantaranya adalah Manajemen Pemasaran Global, Manajemen Brand, Manajemen Pemasaran Internet (Manajemen Pemasaran), Manajemen Risiko, Manajemen Portfolio & Pasar Modal, Manajemen Keuangan Syariah (Manajemen Keuangan), Sistem Informasi SDM, Perilaku Organisasi (Manajemen SDM), Manajemen Proyek, Pengendalian & Perencanaan Kualitas (Manajemen Operasi), dan Perencanaan Bisnis, Praktika Pengelolaan Bisnis (Manajemen Bisnis & Kewirausahaan). Kualitas pengajaran pada matakuliah-matakuliah tersebut memungkinkan mahasiswa untuk merintis persiapan karirnya pada bidang-bidang di atas sejak masih kuliah.

Jurusan juga aktif melakukan modernisasi metode perkuliahan untuk  mengantisipasi perkembangan kebutuhan pasar kerja, baik lokal, nasional, dan internasional. Jurusan Manajemen telah memberlakukan blended e-learning yang memungkinkan mahasiswa mengikuti kuliah melalui internet secara live. Demikian juga, beberapa mata kuliah akan dijalankan dengan menggunakan perangkat multimedia (animasi, video stream, dsb), sejak awal TA 2005/2006. Jurusan Manajemen juga membuka jalur pendidikan yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa instruksi pada setiap mata kuliah, sejak semester 1 hingga penulisan dan sidang skripsi. Dengan demikian, lulusan jalur ini dapat melanjutkan kuliah postgraduate di luar negeri tanpa perlu melampirkan skor tes Bahasa Inggris internasional.

Jurusan Manajemen memiliki Lab Manajemen yang menjadi wahana interaksi keilmuan antara dosen, mahasiswa, praktisi, dan stakeholder lainnya. Lab ini juga membantu percepatan proses transformasi keilmuan kepada mahasiswa melalui latihan praktik manajerial bisnis, dan kewirausahaan, yang melibatkan para praktisi terbaik di bidangnya, termasuk para wirausahawan sukses nasional alumni Jurusan Manajemen.

Melalui Lab Manajemen ini, Jurusan Manajemen banyak membangun kemitraan dengan berbagai institusi bisnis (BUMN, BUMD, dsb), asosiasi profesional (Indonesian Marketing Association, Indonesian Risk Professional Association, dsb), dan instansi pemerintah yang terkait dengan Manajemen Bisnis (Kementerian BUMN, Depkop & UMKM, dsb). Kemitraan direalisasikan melalui kegiatan-kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.Jurusan Manajemen juga melakukan pengembangan kapaistas kewirausahaan  mahasiswa melalui Lab Manajemen ini.

Pada tahun 2008, M. Firlian Syahroni, mahasiswa Jurusan Manajemen angkatan 2005, berhasil meraih gelar juara pertama pada Kejuaraan Dunia lomba kreativitas/inovasi bisnis yang dilangsungkan di Taiwan. Prestasi ini kurang lebih menggambarkan keseriusan Jurusan Manajemen dalam mempersiapkan kualitas kewirausahaan pada lulusan-lulusannya.Jurusan Manajemen mempersiapkan lulusannya bukan hanya untuk mengisi pasar kerja profesional manajerial, namun juga untuk membangun kualitas akademik yang mumpuni, yang diakui oleh institusi pendidikan Pascasarjana di dalam dan luar negeri. Jurusan Manajemen sangat memperhatikan proses pengembangan kemampuan riset mahasiswa, agar setelah lulus mereka bisa dengan mudah melanjutkan studi di program Pascasarjana di dalam dan luarnegeri. Umumnya, lulusan Jurusan Manajemen melanjutkan studi pada Program Magister Manajemen atau Master of Business Administration, sesuai minat karir yang diinisiasinya. Demikian pula, para lulusan Jurusan Manajemen dapat melanjutkan studi ke jenjang doktoral, seperti program Doctor of Business Manajemen maupun program S3 lainnya.